Tanggapan Pemimpin Dunia atas Kematian Bin Laden



WASHINGTON - Tewasnya Osama Bin Laden di tangan militer Amerika Serikat (AS), ditanggapi beragam oleh banyak pemimpin dunia. Sebagian besar dari mereka merasa lega karena pimpinan Al Qaeda ini tewas dalam sebuah operasi militer di Pakistan.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengatakan tewasnya Bin Laden sebagai kemenangan demokrasi dalam melawan terorisme.
"Israel merasakan bahagia yang dirasakan oleh rakyat AS setelah tewasnya Osama bin Laden," pernyataan kantor Perdana Menteri Benyamin Netanyahu seperti dikutip Reuters, Senin (2/5/2011).

Netanyahu juga mengucapkan selamat kepada Presiden Barack Obama atas kemenangannya menegakan keadilan.

Tidak jauh berbeda dengan Netanyahu, Perdana Menteri Australia menilai Osama Bin Laden telah mendekralasikan perang terhadap warga tidak bersalah, saat ini Bin Laden dianggap telah merasakan akibatnya. Gillard meminta rakyatnya untuk tetap waspada atas kemungkinan serangan baru.

"Kami benar-benar meminta rakyat (Australia) untuk waspada memperhatikan ancaman baru," ucap PM Gillard. Namun hingga kini langkah keamanan di Australia masih tetap sama, ia pun memastikan akan terus melanjutkan misi pasukan Australia di Afghanistan.

"Al Qaeda akan terus berlanjut, meskipun pimpinannya telah tewas," lanjut PM Gillard.
Perdana Menteri Inggris David Cameron menilai tewasnya Osama Bin Laden akan membawa ketenangan di seluruh dunia.

Sementara Rusia juga menyambut baik tewasnya Osama Bin Laden. "Aksi balas dendam memang tidak dapat dihindari dari para teroris," pernyataan Istana Kremlin. "Rusia siap bekerja sama untuk melawan aksi terorisme baru," lanjut pernyataan tersebut.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai justru menjadi pihak yang paling bahagia mengetahui Osama Bin Laden telah tewas. Tewasnya Bin Laden di Afghanistan membuktikan bahwa negaranya tidak menjadi pusatnya dari terorisme dunia.

"Terus menerus kami tegaskan, bahwa basis terorisme dunia bukan berada di Afghanistan," menurut Karzai.
"Perang melawan teror berada di pusatnya, pusat finansialnya dan sumber finansialnya, termasuk pula basis pertahanan serta pusat pelatihannya dan itu bukan di Afghanistan," tegas Karzai.

Serupa dengan yang diutarakan PM Gillard, Karzai menilai Bin Laden merasakan akibat dari perbuatannya sendiri.
(faj)

No Response to "Tanggapan Pemimpin Dunia atas Kematian Bin Laden"

Posting Komentar

 
powered by Blogger